Pengenalan Fasilitas TIK

PENGENALAN FASILITAS TIK 

 

Fasilitas TIK merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah organisasi pendidikan. TIK dimanfaatkan untuk pengelolaan pendidkan melalui otomasi sistem informasi manajemen dan akademik berbasis TIK, dan sistem pengelolaan pembelajaran maupun sebagai media dalam proses pembelajaran yang interaktif. Pada penelitian ini akan dilakukan clustering pemanfaatan fasilitas TIK di SMA/SMK Kabupaten Boyolali dengan menggunakan komponen RMAF (Resiliency Maturity Assessment Framework) dan pendekatan CMM (Capability Maturity Model). Berdasarkan hasil penelitian, skala kematangan pemanfaatan fasilitas TIK di SMA/SMK Kabupaten Boyolali berada pada skala 2 repeatable.

ICT facilities is a very important asset for an educational organization. ICT used for the management of education through the automation of management information systems and academic process based on ICT, and learning management systems as well as the media in an interactive learning. In this research, clustering utilization of ICT facilities in the Senio/Vocational High School in Boyolali using RMAF components (Resiliency Maturity Assessment Framework) and the approach to CMM (Capability Maturity Model). Based on this research, the maturity scale utilization of ICT facilities in school / vocational school district on a scale of 2 Boyolali are repeatable.

Dewasa ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang dengan pesatnya. Hal tersebut didorong oleh kuatnya arus globalisasi, di mana TIK dengan sifatnya yang interaktif dan dinamis merupakan ikon yang diperlukan di berbagai komunitas kehidupan, termasuk aktivitas di lembaga pendidikan. Secara kurikuler, guru dituntut memiliki kekayaan informasi, dan mengetahui bagaimana TIK dapat mendukung dan atau mengantarkan para siswa dalam hidup, belajar, dan bekerja di era global. Untuk mencapai maksud ini tidak lepas dari berbagai faktor, di antaranya adalah tingkat literasi TIK dan tingkat ketersediaan fasilitas TIK bagi para guru.

Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat literasi TIK guru (X1), tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru (X2), dan tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru (Y); (2) mengungkap hubungan XI terhadap Y; (3) mengungkap hubungan X2 terhadap Y; serta (4) mengungkap hubungan XI dan X2 secara simultan terhadap Y, di SMK wilayah Kabupaten Malang pada tahun 2009.

Penelitian kuantitatif secara deskriptif korelasional ini adalah merupakan studi populasi yang diterapkan kepada 163 guru pada Program Teknik Elektro di SMK wilayah Kabupaten Malang, yang dilaksanakan pada tahun 2009. Seluruh anggota populasi mendapat kesempatan mengisi instrumen berupa angket, sedangkan data yang diolah berjumlah 130 yang diambil secara acak.

Kesimpulannya adalah: (1) guru memiliki tingkat literasi TIK yang tinggi, namun tingkat ketersediaan fasilitas TIK masih rendah, sehingga tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran masih berada pada kategori sedang; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat literasi TIK guru dengan tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru dengan tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru, dan (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat literasi TIK guru dan tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru secara simultan terhadap tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru. Artinya semakin tinggi tingkat literasi TIK dan tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru, maka akan semakin tinggi pula tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru SMK di Wilayah Kabupaten Malang.

Disarankan: (a) agar guru meningkatkan kepemilikan fasilitas TIK dan penggunaannya sebagai alat bantu pembelajaran, (b) Sekolah perlu melakukan pembinaan literasi TIK bagi guru, misalnya melalui pelatihan tentang literasi TIK, atau belajar dalam lingkup kelompok kerja guru (KKG), (c) Sekolah perlu menyiapkan fasilitas TIK yang memadai dengan kebutuhan kelas yang membutuhkan fasilitas TIK sebagai alat bantu pembelajaran, (d) Perlu adanya kebijakan dari sekolah agar memperhatikan masalah literasi TIK guru dan ketersediaan fasilitas TIK untuk guru sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Kedua komponen tersebut adalah merupakan unsur penunjang keberhasilan pembelajaran berbasis TIK.

Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk dengan lebih mudah dan meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai perusahaan bisa saling bekerja sama untuk bertukar informasi secara otomatis sehingga tidak perlu melibatkan orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat bekerja menggantikan peran manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan kualitas seragam bisa diperoleh.

Penghilangan Kendala Waktu

Dengan dukungan TIK, perusahaan dapat melayani pelanggan selama 24 jam sehari. Perusahan dapat mengoperasikan bisnis tanpa kendala waktu. Nasabah bank bisa mengambil uang kapan saja dengan cukup mendatangi mesin ATM. Bank pun tidak perlu menggaji tellet untuk bekerja 24 jam nonstop. Mobile banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi atau melihat saldo dari mana saja, Sekalipun mungkin ia sedang berada di hutan atau negara lain yang tidak menyediakan ATM bank bersangkutan

Peningkatan Layanan

TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. ATM, mobile banking, toko online merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan. Perbaikan layanan tersebut diharapkan mampu menjaga loyalitas pelanggan. Banyak pemerintah kita atau kabupaten yang menyelenggarakan e-gov dalam rangka memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat atau pebisnis.

Peningkatan Produktivitas Kerja

TIK juga dapat digukana untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga pekerja dapat memberikan sumbangan berarti yang lebih banyak kepada institusi tempat mereka bekerja. Hal – hal yang menjemukan seperti melakukan perhitungan kredit dapat dialihkan ke komputer dan pekerja dapat memanfaatkan waktunya untuk berfikir ke hal0hal yang lebih produktif atau meningkatkan kreativitasnya sehingga lebih memberi manfaat bagi perusahaan.

Pencitpaan Lapangan kerja Baru

TIK telah membuka banyak lapangan kerja baru sehingga penjaga warnung internet, tenaga pemasar, pemrogram dan ragam tenanga khsusu yang dibutuhkan keterampilan. Pada saat ini banyak istilah spesialis yang terkait dengan dunia TIK, seperti analis sistem, desainer sistem, webmaster, dan system engineer.

Penggantian Pekerjaan yang Beresiko

TIK dapat pula dimanfaatkan untuk menangani aktivitas yang membahayakan jiwa manusia, misalnya pada pengecoran logam atau pada penanganan limbah. Contoh lain yang menarik telah dilakukan oleh badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Pada 4 December 1996, NASA mengirimkan pesawat tanpa awak ke planet mars. Misinya adalah melakukan analisa terhadap atmosfer, cuaca dan kondisi tanah di planet tersebut. Pesawat ini membawa robot berbentuk kendaraan yang diberinama Sojourner atau bebatuan Sojourner Rover dan dapat melakukan penelitian terhadap bebatuan di Planet Mars. RObot ini dapat mengirimkan gambar-gambar yang diamati ke bumi.

 

A. PENGENALAN T.I.K.



Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah bagian dari IPTEK. Istilah TIK atau ICT (Informastion and Comunication Technology) muncul setelah terpadunya komputer dengan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi.
1. Pengertian Teknologi Informasi dan     Komunikasi
    Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan alat bantu untuk memproses dan     memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lain.


2.  Berbagai peralatan TIK
     Dengan adanya kemajuan TIK sekarang ini, maka komputer merupakan peralatan utama TIK yang populer dan banyak digunakan orang.


Macam-macam peralatan TIK.

Berdasarkan bentuk informasinya, peralatan TIK ada dua macam, yaitu ;

A.    Media cetak
Yaitu media informasi yang disebarkan dalam bentuk kertas cetakan.
Contoh media cetak ; surat kabar/koran, majalah, brosur, dsb.
B.    Media elektronik
       Yaitu media informasi yang disebarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
Contok media elektronik adalah ; radio, TV, HP, Faximile dan Komputer

3.    Definisi komputer
       Komputer berasal dari bahasa Inggris “to compute” yang berarti menghitung. Seiring dengan berkembangnya bidang ilmu komputer, maka definisi komputerpun berkembang dan bervariasi. Intinya komputer dalah ; suatu peralatan elektronik yang dapat menerima data, memproses data, menyimpan data dan me,berikan informasi secara otomatis.

4.    Elemen-elemen komputer
      Sistem komputer adalah suatu bentuk hubungan atau kerjasama yang tidak dapat dipisah-pisahkan. 


Untuk itu sistem komputer didukung oleh elemen-elemen utama untuk melaksanakan tujuan dari sistem tersebut.Elemen-elemen itu adalah ;
a.    Perangkat keras (hardware)
      Yaitu segala peralatan yang berwujud fisik, dapat dipegang dan dilihat.
Contohnya ;
1.    Central Processing Unit (CPU)
2.    Memory
3.    Media penyimpanan (storage device)
4.    Perangkat masukan (input device)
5.    Perangkat keluaran (output device)
b.    Perangkat lunak (software)
       Adalah rangkaian perintah yang dapat dimengerti oleh komputer, dengan kata lain software adalah bahasanya.
Software terdiri dari ;
1.    Sistem Operasi (operating system)
2.    Alat bantu (utility)
3.    Bahasa Pemrograman (programing language)
4.    Program paket (packed program)
c.    Pengguna (brainware)
Adalah orang yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan komputer.
Terdiri dari ;
1.    User
2.    Analyst and design
3.    Programmer
4.    Operator



B . FASILITAS TIK



Dalam dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi diperlukan alat untuk menggakses dan mengunakan dan memanfaatkannya. Tanpa Alat TIK ini akan susah bagi kita untuk berinteraksi satu sama lainnya atau memperoleh informasi yang seluas-luasnya.

Artikel TIK akan membahas alat TIK yang digunakan untuk mengkases informasi dan komunikasi dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang saat ini. berikut alat tik yang dapat digunakan;

1. Hardware

Hardware atau disebut perangkat keras adalah peralatan fisik yang terdapat pada komputer. Berikut ini beberapa contoh hadware

  • Printer adalah alat untuk mencetak informasi atau gambar ke kertas

  • Keyboard adalah alat yangdipakai untuk mengetik data

  • CPU adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai pengolah

  • Speaker adalah alat untuk mengeluarkan suara.

2. Software

Software atau perangkat luna adalah program. Dengan demikian software dimasukkan ke dalam komputer agar komputer tersebut dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diharapkan pemakai.

Setiap program komputer dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan komputer untuk bermain catur setelahAnda menginstal program catur ke komputer Anda.

Berikut ini beberapa contoh software yang dapat digunakan.

Sistem Operasi yaitu sofware yang mendasari operasi suatu sistem komputer. Sistem operasi meruapakan sofware yang kali pertama dipasang pada komputer dan merupakan software yang akan diaktifkan pertama kali di komputer dihidupkan. Beberapa perangkat lunak yang termasuk sistem operasi adalah sebagai berikut;

  • Windows 7

  • Windows Vista

  • Linux

  • Unix

  • Mac OS Lion

  • IOS 5

Pengolah kata yaitu sofware yangditunjukkan untuk membuat dokumen. Beberapa contoh

pereangkat lunak yang termasuk pengolah kta adalah sebagai berikut;

  • OpenOffice.org Writer

  • Microsoft Word

  • WordPerfect

  • iWork

Pengolahan angka yaitu software yang dirancang untuk memudahkan pengolahan tabel tabel yang memerlukan perhitungan. Beberapa contoh perangkat lunak kategori ini adalah sebagai berikut

  • Microsoft Excel

  • Lotus 1-2-3

  • OpenOffice.org Impress

  • Number

Web browser, yaitu software yang dirancang secara khusus untuk memperoleh informasi pada situs web. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Internet Explorer

  • Mozilla Firefox

  • Safari

  • Opera

3. Brainware

Brainware bukanlah suatu komponen komputer. Namun kalau Anda meninjau komputer sebagai suatu sistem maka brainware sangat berperan dalam sistem tersebut. Tanpa keberadaan brainware, komputer hanyalah seonggok barang tanpa fungsi. Brainware adalah orang yang terlibat dalam aktifitas pemanfaatan komputer sehingga komputer dapat memberikan hasil yangdiharapkan oleh pemakai.

Berikut adalah pelaku yangtergolong sebagai brainware.

  • User atau pemakai adalah sebutan orang yang menggunakan komputer

  • operator adalah orang yang bertugas mengoperasikan komputer. Tugas operator antara lain memasukkan data yang dipakai untuk membentuk informasi.

  • Programmer adalah orang yang bertugas membuat program. Program menggunakan bahasa pemrograman untuk menyusun program. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang terkenal adalah BASIK, PASCAL dan C.

  • Webmaster adalah orang yang bertugas mengelolah situs web 

Comments