PENGENALAN FASILITAS TIK
Fasilitas
TIK merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah organisasi pendidikan. TIK
dimanfaatkan untuk pengelolaan pendidkan melalui otomasi sistem informasi
manajemen dan akademik berbasis TIK, dan sistem pengelolaan pembelajaran maupun
sebagai media dalam proses pembelajaran yang interaktif. Pada penelitian ini
akan dilakukan clustering pemanfaatan fasilitas TIK di SMA/SMK Kabupaten
Boyolali dengan menggunakan komponen RMAF (Resiliency Maturity Assessment
Framework) dan pendekatan CMM (Capability Maturity Model). Berdasarkan hasil
penelitian, skala kematangan pemanfaatan fasilitas TIK di SMA/SMK Kabupaten
Boyolali berada pada skala 2 repeatable.
ICT facilities is a very important asset for an educational organization. ICT
used for the management of education through the automation of management
information systems and academic process based on ICT, and learning management
systems as well as the media in an interactive learning. In this research,
clustering utilization of ICT facilities in the Senio/Vocational High School in
Boyolali using RMAF components (Resiliency Maturity Assessment Framework) and
the approach to CMM (Capability Maturity Model). Based on this research, the
maturity scale utilization of ICT facilities in school / vocational school
district on a scale of 2 Boyolali are repeatable.
Dewasa ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang dengan
pesatnya. Hal tersebut didorong oleh kuatnya arus globalisasi, di mana TIK
dengan sifatnya yang interaktif dan dinamis merupakan ikon yang diperlukan di
berbagai komunitas kehidupan, termasuk aktivitas di lembaga pendidikan. Secara
kurikuler, guru dituntut memiliki kekayaan informasi, dan mengetahui bagaimana
TIK dapat mendukung dan atau mengantarkan para siswa dalam hidup, belajar, dan
bekerja di era global. Untuk mencapai maksud ini tidak lepas dari berbagai
faktor, di antaranya adalah tingkat literasi TIK dan tingkat ketersediaan
fasilitas TIK bagi para guru.
Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat literasi TIK
guru (X1), tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru (X2), dan tingkat
pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru (Y); (2) mengungkap
hubungan XI terhadap Y; (3) mengungkap hubungan X2 terhadap Y; serta (4) mengungkap
hubungan XI dan X2 secara simultan terhadap Y, di SMK wilayah Kabupaten Malang
pada tahun 2009.
Penelitian kuantitatif secara deskriptif korelasional ini adalah merupakan
studi populasi yang diterapkan kepada 163 guru pada Program Teknik Elektro di
SMK wilayah Kabupaten Malang, yang dilaksanakan pada tahun 2009. Seluruh
anggota populasi mendapat kesempatan mengisi instrumen berupa angket, sedangkan
data yang diolah berjumlah 130 yang diambil secara acak.
Kesimpulannya adalah: (1) guru memiliki tingkat literasi TIK yang tinggi,
namun tingkat ketersediaan fasilitas TIK masih rendah, sehingga tingkat
pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran masih berada pada kategori
sedang; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat literasi TIK
guru dengan tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru (3)
Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat ketersediaan fasilitas
TIK untuk guru dengan tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran
guru, dan (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat literasi
TIK guru dan tingkat ketersediaan fasilitas TIK untuk guru secara simultan
terhadap tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat bantu pembelajaran guru. Artinya
semakin tinggi tingkat literasi TIK dan tingkat ketersediaan fasilitas TIK
untuk guru, maka akan semakin tinggi pula tingkat pemanfaatan TIK sebagai alat
bantu pembelajaran guru SMK di Wilayah Kabupaten Malang.
Disarankan: (a) agar guru meningkatkan kepemilikan fasilitas TIK dan
penggunaannya sebagai alat bantu pembelajaran, (b) Sekolah perlu melakukan
pembinaan literasi TIK bagi guru, misalnya melalui pelatihan tentang literasi
TIK, atau belajar dalam lingkup kelompok kerja guru (KKG), (c) Sekolah perlu
menyiapkan fasilitas TIK yang memadai dengan kebutuhan kelas yang membutuhkan
fasilitas TIK sebagai alat bantu pembelajaran, (d) Perlu adanya kebijakan dari
sekolah agar memperhatikan masalah literasi TIK guru dan ketersediaan fasilitas
TIK untuk guru sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Kedua komponen tersebut
adalah merupakan unsur penunjang keberhasilan pembelajaran berbasis TIK.
Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat
melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk dengan lebih mudah dan
meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai perusahaan bisa saling bekerja
sama untuk bertukar informasi secara otomatis sehingga tidak perlu melibatkan
orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat bekerja menggantikan peran
manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan kualitas seragam bisa
diperoleh.
Penghilangan Kendala Waktu
Dengan dukungan TIK, perusahaan dapat melayani pelanggan selama 24 jam
sehari. Perusahan dapat mengoperasikan bisnis tanpa kendala waktu. Nasabah bank
bisa mengambil uang kapan saja dengan cukup mendatangi mesin ATM. Bank pun
tidak perlu menggaji tellet untuk bekerja 24 jam nonstop. Mobile banking
memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi atau melihat saldo dari mana
saja, Sekalipun mungkin ia sedang berada di hutan atau negara lain yang tidak
menyediakan ATM bank bersangkutan
Peningkatan Layanan
TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. ATM,
mobile banking, toko online merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan
kepada pelanggan. Perbaikan layanan tersebut diharapkan mampu menjaga loyalitas
pelanggan. Banyak pemerintah kita atau kabupaten yang menyelenggarakan e-gov
dalam rangka memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat atau pebisnis.
Peningkatan Produktivitas Kerja
TIK juga dapat digukana untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga
pekerja dapat memberikan sumbangan berarti yang lebih banyak kepada institusi
tempat mereka bekerja. Hal – hal yang menjemukan seperti melakukan perhitungan
kredit dapat dialihkan ke komputer dan pekerja dapat memanfaatkan waktunya
untuk berfikir ke hal0hal yang lebih produktif atau meningkatkan kreativitasnya
sehingga lebih memberi manfaat bagi perusahaan.
Pencitpaan Lapangan kerja Baru
TIK telah membuka banyak lapangan kerja baru sehingga penjaga warnung
internet, tenaga pemasar, pemrogram dan ragam tenanga khsusu yang dibutuhkan
keterampilan. Pada saat ini banyak istilah spesialis yang terkait dengan dunia
TIK, seperti analis sistem, desainer sistem, webmaster, dan system engineer.
Penggantian Pekerjaan yang Beresiko
TIK dapat pula dimanfaatkan untuk menangani aktivitas yang membahayakan jiwa
manusia, misalnya pada pengecoran logam atau pada penanganan limbah. Contoh
lain yang menarik telah dilakukan oleh badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).
Pada 4 December 1996, NASA mengirimkan pesawat tanpa awak ke planet mars.
Misinya adalah melakukan analisa terhadap atmosfer, cuaca dan kondisi tanah di
planet tersebut. Pesawat ini membawa robot berbentuk kendaraan yang diberinama
Sojourner atau bebatuan Sojourner Rover dan dapat melakukan penelitian terhadap
bebatuan di Planet Mars. RObot ini dapat mengirimkan gambar-gambar yang diamati
ke bumi.
A. PENGENALAN T.I.K.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah bagian
dari IPTEK. Istilah TIK atau ICT (Informastion and Comunication
Technology) muncul setelah terpadunya komputer dengan teknologi
komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi.
1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan
dengan alat bantu untuk memproses dan memindahkan data dari satu
perangkat ke perangkat yang lain.
2. Berbagai peralatan TIK
Dengan adanya kemajuan TIK sekarang ini, maka komputer merupakan peralatan utama TIK yang populer dan banyak digunakan orang.
Macam-macam peralatan TIK.
Berdasarkan bentuk informasinya, peralatan TIK ada dua macam, yaitu ;
A. Media cetak
Yaitu media informasi yang disebarkan dalam bentuk kertas cetakan.
Contoh media cetak ; surat kabar/koran, majalah, brosur, dsb.
B. Media elektronik
Yaitu media informasi yang disebarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
Contok media elektronik adalah ; radio, TV, HP, Faximile dan Komputer
3. Definisi komputer
Komputer berasal dari bahasa Inggris “to compute” yang berarti
menghitung. Seiring dengan berkembangnya bidang ilmu komputer, maka
definisi komputerpun berkembang dan bervariasi. Intinya komputer dalah ;
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima data, memproses data,
menyimpan data dan me,berikan informasi secara otomatis.
4. Elemen-elemen komputer
Sistem komputer adalah suatu bentuk hubungan atau kerjasama yang tidak
dapat dipisah-pisahkan.
Untuk itu sistem komputer didukung oleh
elemen-elemen utama untuk melaksanakan tujuan dari sistem tersebut.Elemen-elemen itu adalah ;
a. Perangkat keras (hardware)
Yaitu segala peralatan yang berwujud fisik, dapat dipegang dan dilihat.
Contohnya ;
1. Central Processing Unit (CPU)
2. Memory
3. Media penyimpanan (storage device)
4. Perangkat masukan (input device)
5. Perangkat keluaran (output device)
b. Perangkat lunak (software)
Adalah rangkaian perintah yang dapat dimengerti oleh komputer, dengan kata lain software adalah bahasanya.
Software terdiri dari ;
1. Sistem Operasi (operating system)
2. Alat bantu (utility)
3. Bahasa Pemrograman (programing language)
4. Program paket (packed program)
c. Pengguna (brainware)
Adalah orang yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan komputer.
Terdiri dari ;
1. User
2. Analyst and design
3. Programmer
4. Operator
B . FASILITAS TIK
Dalam dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi diperlukan alat untuk
menggakses dan mengunakan dan memanfaatkannya. Tanpa Alat TIK ini akan
susah bagi kita untuk berinteraksi satu sama lainnya atau memperoleh
informasi yang seluas-luasnya.
Artikel TIK akan membahas alat TIK yang digunakan untuk mengkases
informasi dan komunikasi dengan menggunakan teknologi yang sudah
berkembang saat ini. berikut alat tik yang dapat digunakan;
1. Hardware
Hardware atau disebut perangkat keras adalah peralatan fisik yang terdapat pada komputer. Berikut ini beberapa contoh hadware
Printer adalah alat untuk mencetak informasi atau gambar ke kertas
Keyboard adalah alat yangdipakai untuk mengetik data
CPU adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai pengolah
Speaker adalah alat untuk mengeluarkan suara.
2. Software
Software atau perangkat luna adalah program. Dengan demikian software
dimasukkan ke dalam komputer agar komputer tersebut dapat melakukan
tugas-tugas tertentu yang diharapkan pemakai.
Setiap program komputer dirancang untuk melakukan tugas tertentu.
Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan komputer untuk bermain catur
setelahAnda menginstal program catur ke komputer Anda.
Berikut ini beberapa contoh software yang dapat digunakan.
Sistem Operasi yaitu sofware yang mendasari operasi suatu sistem
komputer. Sistem operasi meruapakan sofware yang kali pertama dipasang
pada komputer dan merupakan software yang akan diaktifkan pertama kali
di komputer dihidupkan. Beberapa perangkat lunak yang termasuk sistem
operasi adalah sebagai berikut;
Pengolah kata yaitu sofware yangditunjukkan untuk membuat dokumen.
Beberapa contoh
pereangkat lunak yang termasuk pengolah kta adalah
sebagai berikut;
Pengolahan angka yaitu software yang dirancang untuk memudahkan
pengolahan tabel tabel yang memerlukan perhitungan. Beberapa contoh
perangkat lunak kategori ini adalah sebagai berikut
Web browser, yaitu software yang dirancang secara khusus untuk
memperoleh informasi pada situs web. Contohnya adalah sebagai berikut.
3. Brainware
Brainware bukanlah suatu komponen komputer. Namun kalau Anda meninjau
komputer sebagai suatu sistem maka brainware sangat berperan dalam
sistem tersebut. Tanpa keberadaan brainware, komputer hanyalah seonggok
barang tanpa fungsi. Brainware adalah orang yang terlibat dalam
aktifitas pemanfaatan komputer sehingga komputer dapat memberikan hasil
yangdiharapkan oleh pemakai.
Berikut adalah pelaku yangtergolong sebagai brainware.
User atau pemakai adalah sebutan orang yang menggunakan komputer
operator adalah orang yang bertugas mengoperasikan komputer. Tugas
operator antara lain memasukkan data yang dipakai untuk membentuk
informasi.
Programmer adalah orang yang bertugas membuat program. Program
menggunakan bahasa pemrograman untuk menyusun program. Beberapa contoh
bahasa pemrograman yang terkenal adalah BASIK, PASCAL dan C.
Webmaster adalah orang yang bertugas mengelolah situs web
Comments
Post a Comment