Pengenalan Fasilitas TIK Gunadarma
Profil BAAK
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
Bagian Koordinasi Perkuliahan
Sub Bagian Jadwal Kuliah;
Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
Bagian Monitoring Kuliah.
Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa
Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
Bagian Koordinasi Perkuliahan
Sub Bagian Jadwal Kuliah;
Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
Bagian Monitoring Kuliah.
Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa
Infrastruktur ICT dan Layanan Informasi Akademik Berbasis Intrenet
Sistem jaringan komputer di Universitas Gunadarma digunakan untuk menghubungkan seluruh kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di beberapa lokasi dengan Virtual Private Network (VPN) dan menghubungkan ke Internet. Gambar berikut mengilustrasikan keterhubungan antarkampus.
Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007. Implementasi E-learning tersebut dapat dilihat pada portal e-learning dengan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id.
Staffsite Dosen Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policyâ€.
Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.
Fasilitas TIK
admin July 21st, 2008
Sistem jaringan komputer di Universitas Gunadarma digunakan untuk menghubungkan seluruh kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di beberapa lokasi dengan Virtual Private Network (VPN) dan menghubungkan ke Internet. Gambar berikut mengilustrasikan keterhubungan antarkampus.
Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007. Implementasi E-learning tersebut dapat dilihat pada portal e-learning dengan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id.
Staffsite Dosen Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policyâ€.
Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.
Fasilitas TIK
admin July 21st, 2008
Infrastruktur ICT dan Layanan Informasi Akademik Berbasis Intrenet
Sistem jaringan komputer di Universitas Gunadarma digunakan untuk
menghubungkan seluruh kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di
beberapa lokasi dengan Virtual Private Network (VPN) dan menghubungkan
ke Internet. Gambar berikut mengilustrasikan keterhubungan antarkampus.
Dalam gambar disamping ini, keterhubungan masing-masing lokasi
terhubung dengan beberapa teknologi, yaitu MPLS (dengan kecepatan
128Kbps s/d 768 Kbps) dan Wireless (dengan kecepatan 10-20 Mbps).
Kecepatan koneksi jaringan komputer untuk Internet adalah 29 Mbps.
Kecepatan koneksi tersebut hingga saat ini masih sangat menunjang
kebutuhan pengiriman dan penerimaan data. Infrastruktur jaringan
komputer dikembangkan untuk menghubungkan seluruh kampus sebagai satu
sistem yang terintegrasi sehingga mempermudah dan mempercepat
operasional akademik maupun maupun pengaksesan sumber bahan ajar.
Infrastruktur perangkat lunak yang ada merupakan aplikasi dalam kesatuan
sistem informasi Universitas Gunadarma. Sistem tersebut terbagi dalam
tiga golongan,yaitu:
Sistem Korporasi: Otomasi Perkantoran (Staffsite atau mailstaff), sistem kepegawaian, sistem keuangan.
Sistem Akademik: Sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem administrasi akademik (registrasi mata kuliah, nilai, absensi kuliah), e-Learning, perangkat lunak laboratorium, digital library, career center dan e-journal.
Sistem Komunitas: Forum, student site maupun jaringan penelitian.
Sistem Akademik: Sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem administrasi akademik (registrasi mata kuliah, nilai, absensi kuliah), e-Learning, perangkat lunak laboratorium, digital library, career center dan e-journal.
Sistem Komunitas: Forum, student site maupun jaringan penelitian.
Sistem Informasi dikembangkan dengan model sistem terpusat, seperti
terlihat pada Gambar dibawah ini. Sistem tersebut dapat dijalankan
maupun diperbaharui informasinya secara terdistribusi dari berbagai
lokasi, sehingga meningkatkan usabilitas (ketergunaan) sistem dan
mempercepat pembaruan Informasi yang disediakan. Pembentukan sistem
informasi terpusat ditujukan untuk memudahkan dalam perawatan dan
kendali sistem informasi, sehingga jaminan keamanan dan integritas
Informasi tercapai.
Dalam gambar di bawah ini, seluruh sumber data aplikasi sistem
ditempatkan secara terpusat dan dapat diperbaharui dari beberapa lokasi
pada setiap saat. Aplikasi sistem yang disediakan bersifat terpusat
terdiri dari sistem administrasi akademik, sumber ajar elektronik dalam
bentuk aplikasi virtual class (http://v-class.gunadarma.ac.id), virtual
laboratory (http://uglab.gunadarma.ac.id), sistem informasi manajemen
keuangan yang terkoneksi dengan perbankan, sistem kolaborasi sebagai
otomasi perkantoran (staffsite: https://nustaffsite.gunadarma.ac.id)
termasuk elektronik mail, career center (http://career.gunadarma.ac.id),
studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id), situs universitas,
digital library (http://library.gunadarma.ac.id), electronic journal
(http://e-journal.gunadarma.ac.id), dan situs resmi Universitas
Gunadarma (http://www.gunadarma.ac.id).
UG-Smart Card
BAAK
Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.
UG-Smart Card
BAAK
Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran
elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi
ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan
audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas
(dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan
e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif
mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas
e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa
dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi
e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu
pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal.
Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas
Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai
aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007. Implementasi E-learning
tersebut dapat dilihat pada portal e-learning dengan alamat
http://elearning.gunadarma.ac.id.
Staffsite Dosen Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu
memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite
yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan
komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau
masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode
akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau
disebut juga single identity policyâ€.
Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.
Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.
Homepage resmi staff Universitas Gunadarma tersebut memberikan berbagai layanan yaitu :
(a) Bio data pribadi, (b) latar belakang pendidikan, (c) pengalaman dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (c) informasi untuk mahasiswa, (d) upload bahan ajar untuk mahasiswa, (e) informasi dari insitusi, (f) forum diskusi, (g) pengelolaan jadwal kegiatan, (h) informasi homepage, emailm dan blog dari dosen lain, serta (i) blog.
Student Digital Locker atau Student Site. â€Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker- yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policyâ€
(a) Bio data pribadi, (b) latar belakang pendidikan, (c) pengalaman dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (c) informasi untuk mahasiswa, (d) upload bahan ajar untuk mahasiswa, (e) informasi dari insitusi, (f) forum diskusi, (g) pengelolaan jadwal kegiatan, (h) informasi homepage, emailm dan blog dari dosen lain, serta (i) blog.
Student Digital Locker atau Student Site. â€Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker- yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policyâ€
Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi
dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui
melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk
mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal
kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar
Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite
ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu
UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan
E-Learning Center.
Career Center Fitur layanan career center mencakup (1) basis data electronik- Alumni bisa mengakses dan mengupdate biodata atau profilnya melalui internet; (2) Electronic job maching – Perusahaan bisa memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang bisa diakses oleh alumni Universitas Gunadarma; (3) E-Magazine – Media pembelajaran dan sharing pengalaman antar alumni yang rubriknya meliputi tips and trick, technology update, cerita sukses alumni, konsultasi; serta (4) Electronic tracer study – Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma.
Studentsite Gunadarma
Seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma, berhak untuk mendapatkan account di Studentsite. Fasilitas2 yang didapatkan apabila telah mengaktifkan account studentsite :
Career Center Fitur layanan career center mencakup (1) basis data electronik- Alumni bisa mengakses dan mengupdate biodata atau profilnya melalui internet; (2) Electronic job maching – Perusahaan bisa memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang bisa diakses oleh alumni Universitas Gunadarma; (3) E-Magazine – Media pembelajaran dan sharing pengalaman antar alumni yang rubriknya meliputi tips and trick, technology update, cerita sukses alumni, konsultasi; serta (4) Electronic tracer study – Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma.
Studentsite Gunadarma
Seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma, berhak untuk mendapatkan account di Studentsite. Fasilitas2 yang didapatkan apabila telah mengaktifkan account studentsite :
Email Account (@student.gunadarma.ac.id)
Akses ke Informasi Akademik UG
Rangkuman Nilai
Pendaftaran Sidang
Akses ke UG Hotzone
Agenda dsb.
Untuk mengaktifkan account studentsite dapat dilakukan melalui link berikut : https://studentsite.gunadarma.ac.id/aktivasi/, cukup dengan memasukkan NPM / Nopend, Tanggal Lahir dan Tempat Lahir. Apabila anda menemui kesulitan dalam melakukan aktifasi, segera hubungi :
Media Information Center
Telp : 021-788811112, Ext : 234
mediacenter@gunadarma.ac.id
Helpdesk Gunadarma
Apabila anda mempunyai pertanyaan, keluhan atau kritik terhadap BAPSI, anda dapat mengakses sistem helpdesk kami pada url berikut :
Akses ke Informasi Akademik UG
Rangkuman Nilai
Pendaftaran Sidang
Akses ke UG Hotzone
Agenda dsb.
Untuk mengaktifkan account studentsite dapat dilakukan melalui link berikut : https://studentsite.gunadarma.ac.id/aktivasi/, cukup dengan memasukkan NPM / Nopend, Tanggal Lahir dan Tempat Lahir. Apabila anda menemui kesulitan dalam melakukan aktifasi, segera hubungi :
Media Information Center
Telp : 021-788811112, Ext : 234
mediacenter@gunadarma.ac.id
Helpdesk Gunadarma
Apabila anda mempunyai pertanyaan, keluhan atau kritik terhadap BAPSI, anda dapat mengakses sistem helpdesk kami pada url berikut :
http://bapsi.gunadarma.ac.id/helpdesk/
UG Library
Universitas Gunadarma menyediakan situs Perpustakaan selain ditujukan secara khusus untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma, juga secara umum ditujukan untuk masyarakat pada umumnya. Layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuannya.
UG Integrated Lab/Remote Lab
Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum.
Universitas Gunadarma menyediakan situs Perpustakaan selain ditujukan secara khusus untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma, juga secara umum ditujukan untuk masyarakat pada umumnya. Layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuannya.
UG Integrated Lab/Remote Lab
Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum.
Praktikan tidak selalu didampingi Asisten Laboratorium, dan untuk
praktikum berikutnya dapat memilih jadwal yang kosong, merupakan contoh
kemandirian yang harus dijalani Praktikan di I-Lab. Namun demikian, ada
konsekuensi yang harus dijalani Praktikan agar kelak dapat dinyatakan
lulus dalam mengikuti kegiatan praktikumnya.
UG HotZone
Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone.
UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi.
UG HotZone
Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone.
UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi.
Terutama untuk setiap mahasiswa Universitas Gunadarma, mulai dari
awal masuk sebagai mahasiswa baru telah diberikan fasilitas untuk
aktifasi studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan hotzone
di lingkungan Universitas Gunadarma.
UG Internet Lounge
Bagi mahasiswa yang tidak memiliki / membawa notebook, Universitas Gunadarma menyediakan satu ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara gratis untuk dapat mengakses internet yang dikenal dengan sebutan Internet Lounge.
UG Community
UG Community merupakan layanan yang disediakan bagi mahasiswa, staff, alumni, dan pemerhati Universitas Gunadarma yang memiliki kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama untuk membentuk suatu forum, menulis blog, menampilkan dan berbagi photo, video, dan musik, dan sebagai sarana komunikasi antar sesama anggota komunitas.
Bagi mahasiswa yang tidak memiliki / membawa notebook, Universitas Gunadarma menyediakan satu ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara gratis untuk dapat mengakses internet yang dikenal dengan sebutan Internet Lounge.
UG Community
UG Community merupakan layanan yang disediakan bagi mahasiswa, staff, alumni, dan pemerhati Universitas Gunadarma yang memiliki kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama untuk membentuk suatu forum, menulis blog, menampilkan dan berbagi photo, video, dan musik, dan sebagai sarana komunikasi antar sesama anggota komunitas.
Pengertian mata kuliah SOFTSKILL :
Beberapa pengertian dan istilah mengenai Matakuliah yang adaptif terhadap pengembangan
softtskill adalah sebagai berikut:
1. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma untuk program D3 dan S1 wajib mengikuti
Mata Kuliah yang sistem perkuliahannya menitikberatkan pada pengembangan
softskills
2. Mata Kuliah yang menggunakanan sistem perkuliahan “softskills” ini bukan
merupakan mata kuliah ujian utama, tidak ada unsur praktikum, dan tergolong mata
kuliah pengembangan kepribadian atau kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan
kurikulum berbasis kompetensi di masing-masing program studi
3. Mata Kuliah yang adaptif terhadap softskill tersebut akan diberikan SETIAP
SEMESTER, dengan nama mata kuliah yang tetap sesuai dengan kurikulum yang
telah ditetapkan. Mata Kuliah yang pelaksanaan perkuliahannya dengan pendekatan
softskill tersebut akan diberi tanda “pagar” (#)
4. Proses belajar-mengajar untuk mata kulih tersebut akan dipandu oleh dosen
pengampu yang berfungsi sebagai fasilitator. Proses perkuliahannya lebih banyak
kegiatan di luar kelas sesuai dengan panduan atau bimbingan dari dosen pengampu.
Pertemuan di kelas hanya dilakukan sebulan sekali dengan jadwal yang akan
ditetakan oleh dosen pangampu
5. Komunikasi dengan dosen pengampu hanya dilakukan melalui studentsite yaitu pada
fasilitas “lecture message”, termasuk untuk mengetahui tugas atau informasi yang
diberikan oleh dosen pengampu diluar pertemuan di kelas.
6. Mta kuliah ini TIDAK ADA UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) DAN UJIAN
AKHIR SEMESTER (UAS). Penilaian hanya dilakukan terhadap PROFIL DAN
KUALITAS PORTOFOLIO MAHASISWA yang dimiliki oleh setiap mahasiswa
Universitas Gunadarma
Portofolio Mahasiswa (UG Student Porfolio)
Sekali lagi, Nilai mata kuliah “softskill” ini hanya berdasarkan PORTOFOLIO
MAHASISWA. Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas
Gunadarma bersifat elektronik dan bisa diakses oleh umum (open content).
Beberapa pengertian dan istilah mengenai Matakuliah yang adaptif terhadap pengembangan
softtskill adalah sebagai berikut:
1. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma untuk program D3 dan S1 wajib mengikuti
Mata Kuliah yang sistem perkuliahannya menitikberatkan pada pengembangan
softskills
2. Mata Kuliah yang menggunakanan sistem perkuliahan “softskills” ini bukan
merupakan mata kuliah ujian utama, tidak ada unsur praktikum, dan tergolong mata
kuliah pengembangan kepribadian atau kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan
kurikulum berbasis kompetensi di masing-masing program studi
3. Mata Kuliah yang adaptif terhadap softskill tersebut akan diberikan SETIAP
SEMESTER, dengan nama mata kuliah yang tetap sesuai dengan kurikulum yang
telah ditetapkan. Mata Kuliah yang pelaksanaan perkuliahannya dengan pendekatan
softskill tersebut akan diberi tanda “pagar” (#)
4. Proses belajar-mengajar untuk mata kulih tersebut akan dipandu oleh dosen
pengampu yang berfungsi sebagai fasilitator. Proses perkuliahannya lebih banyak
kegiatan di luar kelas sesuai dengan panduan atau bimbingan dari dosen pengampu.
Pertemuan di kelas hanya dilakukan sebulan sekali dengan jadwal yang akan
ditetakan oleh dosen pangampu
5. Komunikasi dengan dosen pengampu hanya dilakukan melalui studentsite yaitu pada
fasilitas “lecture message”, termasuk untuk mengetahui tugas atau informasi yang
diberikan oleh dosen pengampu diluar pertemuan di kelas.
6. Mta kuliah ini TIDAK ADA UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) DAN UJIAN
AKHIR SEMESTER (UAS). Penilaian hanya dilakukan terhadap PROFIL DAN
KUALITAS PORTOFOLIO MAHASISWA yang dimiliki oleh setiap mahasiswa
Universitas Gunadarma
Portofolio Mahasiswa (UG Student Porfolio)
Sekali lagi, Nilai mata kuliah “softskill” ini hanya berdasarkan PORTOFOLIO
MAHASISWA. Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas
Gunadarma bersifat elektronik dan bisa diakses oleh umum (open content).
Comments
Post a Comment