Penulisan Jurnal SIM Mohamad Irvan Fajar Ali(36114753)

PENERAPAN  SISTEM  INFORMASI  MANAJEMEN  EVENT BULANAN SALES NEW BUSSINESS PADA PT.TELKOMSEL



Mohamad Irvan Fajar Ali (36114753)
Manajemen Informatika
Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina, Depok 16424





ABSTRAKSI

Kegiatan sales new business pada PT.TELKOMSEL merupakan kegiatan rutin sales yang merupakan pure kegiatan penjualan dengan mengadakan event tertentu. Kondisi eksisting yang masih belum ada otimatisasi pembuatan report dan manajemen kegiatan menuntut untuk dibuatnya sebuah tools untuk memudahkan hal tersebut. Tools Telkomsel Sales New Bussiness menggunakan media web based internal dalam pengaplikasiannya, sebuah web berisikan semua fungsi rekapitulasi dan fungsi reporting seluruh kegiatan Sales New Bussiness.Dengan adanya tools tersebut diharapkan dapat efisiensi dan efektifitas pembuatan laporan dan rekapitulasi sekaligus dapat menjadi tools yang membantu melihat karakter event dan penjualan barang berdasarkan criteria tertentu. Dalam pengaplikasiannya tools tersebut dapat menyelesaikan masalah eksisting mengenai pelaporan dan perekapitulasian manual dan perencanaan event selanjutnya dengan melihat karakteristik event selanjutnya.
Kata Kunci: Sales, Bussiness, Event, Report, Telkomsel

1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sales New Busines adalah salah satu divisi yang berada di divisi Sales New Business Branch Makassar. Salah satu tanggung jawab dari divisi ini adalah membuat program kegiantan hard selling ke beberapa kota di Area Sumalirja dan membuat laporan pendapatan bulanan dari hasil kegiatan tersebut.Sebelum melakukan kegiatan tersebut tentu ada perencanaan yang dilakukan baik dari waktu dan target revenue yang diinginkan dari kegiatan tersebut. Setelah pelaksanaan dari kegiatan tersebut selanjutnya akan dilakukan pembuatan laporan berdasarkan hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut.Hasil dari pelaporan ini juga dapat digunakan sebagai referensi dan pertimbangan untuk melakukan event selanjutnya. Dari hasil pelaporan ini dapat dilihat waktu dan tempat yang tepat yang sebaiknya dimaanfaatkan untuk membuat event selanjutnya.



1.2 Rumusan Masalah
Dalam mengembangkan aplikasi ini adapun perumusan masalah antara lain :
1. Apa saja kebutuhan Sales New Bussiness dalam pengolahan manajemen analisa event yang akan diadakan?
2. Bagaimana melihat perkembangan dan hasil dari event sebelum nya?
3. Bagaimana analisa terhadap laporan event sebelumnya, untuk dijadikan acuan pembuatan event selanjutnya?
4. Apa saja parameter – parameter dari setiap event yang dapat dijadikan standarisasi dalam analisa event selanjutnya ?

1.3 Tujuan
Adapun tujuan pengembangan aplikasi ini antara lain
1. Mampu memperlihatkan laporan hasil kegiatan yang dapat menjadi acuan untuk efektifitas dan efisiensi event serupa.
2. Mempermudah kegiatan reporting,monitoring, dan analisis terhadap event yang telah terlaksanan.
3. Menyediakan sebuah fungsi analisis event berdasarkan parameter tertentu, sesuai kebutuhan event selanjutnya.

1.4 Batasan Masalah
Ruang lingkup dari pembuatan aplikasi ini antara lain:
1. Digunakan untuk kegiatan Sales New Bussines Telkomsel Area Sumalirja.
2. Fungsi reporting, pencatatan, dan analisis dasar terhadap event yang telah terlaksana.
3. Pembuatan aplikasi di dasarkan kepada kebutuhan dan permintaan user.
4. Terget revenue bukan merupakan parameter yang di gunakan dalam apliaksi ini.
5. Data yang digunakan dalam proses testing aplikasi berupa data dummy yang tidak valid.

1.5 Harapan Penulisan
Semoga dengan penulisan bisa memberikan manfaat bagi pembaca serta menambah pengetahuan mengenai Sistem informasi manajemen pada sebuah event yang ada di PT.Telkomsel ini.

2.  METODE PENELITIAN
Berikut ini adalah metode pengerjaan proyek :
1. Model yang Digunakan
Model pengerjaan yaitu Software Development Life Cycle ( SDLC ) jenis waterfall. Pemilihan model ini dilihat dari ruang lingkup sistem yang tidak terlalu besar sehingga waterfall cocok untuk diimplementasikan.
2. Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan interview . Interview atau wawancara kepada Divisi Sales New Bussiness mengenai fungsi/kebutuhan tentang rencana pembuatan Sistem Informasi ini.
3. Penyimpulan Hasil
Kesimpulan yang diambil akan dilandaskan pada hasil dari pengimplementasian aplikasi tersebut. Jika aplikasi mampu menjalankan proses bisnis yang telah dirancang, maka aplikasi dapat disimpulkan berhasil. Sebaliknya, jika aplikasi tidak memenuhi proses bisnis tersebut, maka aplikasi dinyatakan tidak sukses.
3. PEMBAHASAN
Ada beberapa pekerjaan fungsional utama dari divisi sales new business di Telkomsel diantaranya adalah melakukan analisa data pengguna broad band VAS dan digital service untuk mengidentifikasi potensi pengguna new business service. Selain itu sales new bussines juga bertugas merencanakan dan memastikan kesiapan program penjualan broadband/package data (Tsel Flash, dll), VAS & digital service baik yang berasal dari kantor pusat. Dari pekerjaan utama ini sales new business setiap bulannya selalu mengadakan event dan penjualan produk/ service baru melalui sales promotion, taskforce dan lain-lain untuk meningkatkan akuisisi pengguna produk/service baru.Sebelum melakukan kegiatan promotion/event tersebut tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dinataranya adalah target pendapatan yang ingin dicapai, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan serta strategi pemasaran yang baik.





Setiap event yang akan dilaksanakan tentunya ada target yang ingin dicapai seperti target revenue setiap event. Sebelum melakukan suatu event, target tersebut akan menjadi acuan dalam membuat strategi penjualan tersebut.


Ada beberapa tujuan utama dari pekerjaan yang dilakukan oleh divisi sales new business. Diantaranya adalah peningkatan pendapatan dan penjualan dari broadband, VAS dan digital service, serta akuisisi merchant. Untuk mencapai terget ini divisi sales new business melaksanakan kegiatan penjualan produk di berbagai daerah. Setiap kegiatan tersebut tentu akan monitor dan dibuat laporannya untuk melihat hasil yang dicapai dan sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dibuat. Setiap kegiatan tersebut dibuat laporan setiap bulannya. Didalam laporan tersebut akan tersimpan data hasil penjualan serta analisis hasil penjualan. Dari analisis tersebut dapat dilihat kekurangan dan kelebihan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Ini dapat menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya.
Berikut ini dijelaskan beberapa landasan teori dalam dokumentasi aplikasi ini:
Data Flow Diagram (DFD)
Pengertian secara umum Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu network yang menggambarkan suatu sistem automat/ komputerisasi, manualisasi atau gabungan dari keduanya, yang penggambarannya disusun dalam bentuk kumpulan komponen sistem yang saling berhubungan sesuai dengan aturan mainnya. Keuntungan dari DFD adalah memungkinkan untuk menggambarkan sistem dari level paling tinggi kemudian menguraikannya menjadi level yang lebih rendah (dekomposisi), sedangkan kekurangan dari DFD adalah tidak menunjukkan proses pengulangan (looping), proses keputusan dan proses pernghitungan.
Software Development Life Cycle (SDLC)
Software Development Life Cycle (SDLC) diperkenalkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama proses pengembangan perangkat lunak
Waterfall
Waterfall adalah sebuah gaya memecahkan proyek berdasarkan aktivitas. Untuk membuat perangkat lunak, kita harus melakukan kegiatan tertentu seperti analisis persyaratan, desain, coding, dan testing.
MySQL
SQL (Structure Query Language) adalah bahasa yang khusus digunakan untuk mengoperasikan database. Untuk memudahkan pelajaran.
PHP: Hypertext Preprocessor (PHP)
PHP adalah kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor, bahasa interpreter yang mempunyai kemiripan dengan C dan Perl. PHP dapat digunakan bersama dengan HTML sehingga memudahkan dalam membuat aplikasi web dengan cepat. PHP dapat digunakan untuk menciptakan dynamic website baik itu yang memerlukan penggunaan database ataupun tidak.  Analisis dan perancangan
 

Analisis dan perancangan system




4. HASIL
Implementasi dan Pengujian






Tampilan Halaman Produk




Tampilan Halaman User Manajemen



Tampilan Input New Event



5.   KESIMPULAN
Dengan adanya aplikasi Telkomsel Sales New Bussiness ini dapat mempermudah dan menyelesaikan masalah antara lain :
1. Mampu memperlihatkan laporan hasil kegiatan yang dapat meningkatkan efektifitas dengan adanya parameter achivement sebagai acuan untuk mengukur efektifitas.
2. Efisiensi waktu dan sumberdaya dalam melakukan aktifitas reporting dan analisa perencanaan event selanjutnya melalui sistem yang baru.
3. Mempermudah kegiatan reporting, monitoring dan analisa event yang telah terlaksana.
4. Menyediakan sebuah fungsi analisis event berdasarkan parameter tertentu, sesuai kebutuhan event selanjutnya.


6. DAFTAR PUSTAKA
           

Comments