Penulisan Jurnal SIM Mohamad Irvan Fajar Ali(36114753)
PENERAPAN SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN EVENT BULANAN SALES NEW BUSSINESS PADA
PT.TELKOMSEL
Mohamad Irvan Fajar Ali
(36114753)
Manajemen Informatika
Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina, Depok 16424
ABSTRAKSI
Kegiatan
sales new business pada PT.TELKOMSEL merupakan kegiatan rutin sales yang
merupakan pure kegiatan penjualan dengan mengadakan event tertentu. Kondisi
eksisting yang masih belum ada otimatisasi pembuatan report dan manajemen
kegiatan menuntut untuk dibuatnya sebuah tools untuk memudahkan hal tersebut.
Tools Telkomsel Sales New Bussiness menggunakan media web based internal dalam
pengaplikasiannya, sebuah web berisikan semua fungsi rekapitulasi dan fungsi reporting
seluruh kegiatan Sales New Bussiness.Dengan adanya tools tersebut diharapkan
dapat efisiensi dan efektifitas pembuatan laporan dan rekapitulasi sekaligus
dapat menjadi tools yang membantu melihat karakter event dan penjualan barang
berdasarkan criteria tertentu. Dalam pengaplikasiannya tools tersebut dapat
menyelesaikan masalah eksisting mengenai pelaporan dan perekapitulasian manual
dan perencanaan event selanjutnya dengan melihat karakteristik event
selanjutnya.
Kata
Kunci: Sales, Bussiness, Event, Report, Telkomsel
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sales
New Busines adalah salah satu divisi yang berada di divisi Sales New Business
Branch Makassar. Salah satu tanggung jawab dari divisi ini adalah membuat
program kegiantan hard selling ke beberapa kota di Area Sumalirja dan membuat
laporan pendapatan bulanan dari hasil kegiatan tersebut.Sebelum melakukan
kegiatan tersebut tentu ada perencanaan yang dilakukan baik dari waktu dan
target revenue yang diinginkan dari kegiatan tersebut. Setelah pelaksanaan dari
kegiatan tersebut selanjutnya akan dilakukan pembuatan laporan berdasarkan
hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut.Hasil dari pelaporan ini juga dapat
digunakan sebagai referensi dan pertimbangan untuk melakukan event selanjutnya.
Dari hasil pelaporan ini dapat dilihat waktu dan tempat yang tepat yang
sebaiknya dimaanfaatkan untuk membuat event selanjutnya.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
mengembangkan aplikasi ini adapun perumusan masalah antara lain :
1. Apa saja kebutuhan Sales New Bussiness dalam
pengolahan manajemen analisa event yang akan diadakan?
2. Bagaimana melihat perkembangan dan hasil
dari event sebelum nya?
3. Bagaimana analisa terhadap laporan event
sebelumnya, untuk dijadikan acuan pembuatan event selanjutnya?
4. Apa
saja parameter – parameter dari setiap event yang dapat dijadikan standarisasi
dalam analisa event selanjutnya ?
1.3
Tujuan
Adapun
tujuan pengembangan aplikasi ini antara lain
1. Mampu memperlihatkan laporan hasil kegiatan
yang dapat menjadi acuan untuk efektifitas dan efisiensi event serupa.
2. Mempermudah kegiatan reporting,monitoring,
dan analisis terhadap event yang telah terlaksanan.
3.
Menyediakan sebuah fungsi analisis event berdasarkan parameter tertentu, sesuai
kebutuhan event selanjutnya.
1.4
Batasan Masalah
Ruang
lingkup dari pembuatan aplikasi ini antara lain:
1. Digunakan untuk kegiatan Sales New Bussines
Telkomsel Area Sumalirja.
2. Fungsi reporting, pencatatan, dan analisis
dasar terhadap event yang telah terlaksana.
3. Pembuatan aplikasi di dasarkan kepada
kebutuhan dan permintaan user.
4. Terget revenue bukan merupakan parameter
yang di gunakan dalam apliaksi ini.
5. Data
yang digunakan dalam proses testing aplikasi berupa data dummy yang tidak
valid.
1.5 Harapan
Penulisan
Semoga dengan penulisan bisa memberikan manfaat bagi pembaca serta
menambah pengetahuan mengenai Sistem informasi manajemen pada sebuah event yang
ada di PT.Telkomsel ini.
2. METODE PENELITIAN
Berikut
ini adalah metode pengerjaan proyek :
1. Model
yang Digunakan
Model
pengerjaan yaitu Software Development Life Cycle ( SDLC ) jenis waterfall.
Pemilihan model ini dilihat dari ruang lingkup sistem yang tidak terlalu besar
sehingga waterfall cocok untuk diimplementasikan.
2.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dilakukan dengan interview . Interview atau wawancara kepada Divisi Sales
New Bussiness mengenai fungsi/kebutuhan tentang rencana pembuatan Sistem
Informasi ini.
3. Penyimpulan
Hasil
Kesimpulan yang diambil akan dilandaskan pada hasil dari
pengimplementasian aplikasi tersebut. Jika aplikasi mampu menjalankan proses
bisnis yang telah dirancang, maka aplikasi dapat disimpulkan berhasil.
Sebaliknya, jika aplikasi tidak memenuhi proses bisnis tersebut, maka aplikasi
dinyatakan tidak sukses.
3. PEMBAHASAN
Ada
beberapa pekerjaan fungsional utama dari divisi sales new business di Telkomsel
diantaranya adalah melakukan analisa data pengguna broad band VAS dan digital
service untuk mengidentifikasi potensi pengguna new business service. Selain
itu sales new bussines juga bertugas merencanakan dan memastikan kesiapan
program penjualan broadband/package data (Tsel Flash, dll), VAS & digital
service baik yang berasal dari kantor pusat. Dari pekerjaan utama ini sales new
business setiap bulannya selalu mengadakan event dan penjualan produk/ service
baru melalui sales promotion, taskforce dan lain-lain untuk meningkatkan
akuisisi pengguna produk/service baru.Sebelum melakukan kegiatan
promotion/event tersebut tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
dinataranya adalah target pendapatan yang ingin dicapai, waktu dan tempat
pelaksanaan kegiatan serta strategi pemasaran yang baik.
Setiap event yang akan
dilaksanakan tentunya ada target yang ingin dicapai seperti target revenue
setiap event. Sebelum melakukan suatu event, target tersebut akan menjadi acuan
dalam membuat strategi penjualan tersebut.
Ada
beberapa tujuan utama dari pekerjaan yang dilakukan oleh divisi sales new
business. Diantaranya adalah peningkatan pendapatan dan penjualan dari
broadband, VAS dan digital service, serta akuisisi merchant. Untuk mencapai
terget ini divisi sales new business melaksanakan kegiatan penjualan produk di
berbagai daerah. Setiap kegiatan tersebut tentu akan monitor dan dibuat
laporannya untuk melihat hasil yang dicapai dan sebagai pertanggungjawaban atas
kegiatan yang telah dibuat. Setiap kegiatan tersebut dibuat laporan setiap
bulannya. Didalam laporan tersebut akan tersimpan data hasil penjualan serta
analisis hasil penjualan. Dari analisis tersebut dapat dilihat kekurangan dan
kelebihan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Ini dapat menjadi acuan dalam
melaksanakan kegiatan selanjutnya.
Berikut ini dijelaskan
beberapa landasan teori dalam dokumentasi aplikasi ini:
Data Flow
Diagram (DFD)
Pengertian secara umum
Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu network yang menggambarkan suatu sistem
automat/ komputerisasi, manualisasi atau gabungan dari keduanya, yang
penggambarannya disusun dalam bentuk kumpulan komponen sistem yang saling
berhubungan sesuai dengan aturan mainnya. Keuntungan dari DFD adalah
memungkinkan untuk menggambarkan sistem dari level paling tinggi kemudian
menguraikannya menjadi level yang lebih rendah (dekomposisi), sedangkan
kekurangan dari DFD adalah tidak menunjukkan proses pengulangan (looping),
proses keputusan dan proses pernghitungan.
Software
Development Life Cycle (SDLC)
Software Development
Life Cycle (SDLC) diperkenalkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi
selama proses pengembangan perangkat lunak
Waterfall
Waterfall adalah sebuah
gaya memecahkan proyek berdasarkan aktivitas. Untuk membuat perangkat lunak,
kita harus melakukan kegiatan tertentu seperti analisis persyaratan, desain,
coding, dan testing.
MySQL
SQL (Structure Query
Language) adalah bahasa yang khusus digunakan untuk mengoperasikan database.
Untuk memudahkan pelajaran.
PHP:
Hypertext Preprocessor (PHP)
PHP
adalah kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor, bahasa interpreter yang
mempunyai kemiripan dengan C dan Perl. PHP dapat digunakan bersama dengan HTML
sehingga memudahkan dalam membuat aplikasi web dengan cepat. PHP dapat
digunakan untuk menciptakan dynamic website baik itu yang memerlukan penggunaan
database ataupun tidak. Analisis dan
perancangan
Analisis
dan perancangan system
4.
HASIL
Implementasi
dan Pengujian
Tampilan
Halaman Produk
Tampilan
Halaman User Manajemen
Tampilan
Input New Event
5. KESIMPULAN
Dengan
adanya aplikasi Telkomsel Sales New Bussiness ini dapat mempermudah dan
menyelesaikan masalah antara lain :
1.
Mampu memperlihatkan laporan hasil kegiatan yang dapat meningkatkan efektifitas
dengan adanya parameter achivement sebagai acuan untuk mengukur efektifitas.
2.
Efisiensi waktu dan sumberdaya dalam melakukan aktifitas reporting dan analisa
perencanaan event selanjutnya melalui sistem yang baru.
3.
Mempermudah kegiatan reporting, monitoring dan analisa event yang telah
terlaksana.
4.
Menyediakan sebuah fungsi analisis event berdasarkan parameter tertentu, sesuai
kebutuhan event selanjutnya.
6. DAFTAR
PUSTAKA
http://repository.tass.telkomuniversity.ac.id/index.php/func-download/3993/chk,a008814f26204fa8bc2066c174471759/no_html.1/
Comments
Post a Comment