T4_Mohamad Irvan Fajar Ali(3614753)


TUGAS  4 SOFTSKILL
Nama :Mohamad Irvan Fajar Ali
NPM : 36114753
Kelas : 2DB01

1.      Sebutkan dan jelaskan property sistem yang memberikan keamanan untuk sebuah sistem !
Jawab :
1.     Integritas System akanmempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
2.     Audibilitas  Bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
3.  Daya Kontrol Daya control memungkinkan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara terpisah.

2.  Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada didalam suatu ruangan, sebut dan jelaskan area control untuk komunikasi data !

Jawab :
Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. 

Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.

1.    Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data.
2.    Penerima, adalah piranti yang menerima data.
3.    Data, adalah informasi yang akan dipindahkan.
4.    Media pengiriman, adalah media ataus aluran yang digunakan untuk mengirimkan data.
5.    Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.

3.      Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara system berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype(prototyping),sebutkan dan jelaskan jenis – jenis prototype  !
Jawab :
a).   Jenis I Langkah – langkahnya :
1.      Mengidentifikasi kebutuhan user.
2.      Mengembangkan prototype.
3.      Menentukana pakah prototype dapat diterima.
4.      Menggunakan prototype.
b).   Jenis II Langkah – langkahnya :
1.    Mengadakan system operasional.
2.    Menguji system operasional.
3.    Menentukan jika system operasional dapat diterima.
4.    Menggunakan system operasional.

4.    Sebutkan dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
Jawab :
Hardware
Hardware merupakan element dari sistem computer. Perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Software
Software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bias mengoperasikannya. Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program computer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalan kan instruksi yang terkandung didalamnya.
Spesialis Informasi
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.
Berikut merupakan golongan utama spesialis informasi :
1.    Analis Sistem (system analist)
2.    Pengelola Database (database administrator)
3.    Spesialis Jaringan (network specialist)
4.    Programmer
5.    Operator
Pemakai (Manusia)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir suatu system berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian system berbasis computer oleh para pemakai.
End-user computing berkembang
karena empat pengaruh utama, yaitu :
1.    Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
2.    Antrian jasa informasi
3.    Perangkat keras yang murah
4.    Perangkat lunak jadi
Fasilitas (Mesin)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung system informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan danmendukung sumber daya tersebut.
DataBase
Basis data (database) adalah
kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkatl unak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam system informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

5.      Sebutkan dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !
Jawab :
1.      Mengidentifikasikan Pelanggan Sistem Informasi
a.       Komite Pengarah SIM
b.      Menerapan Sistem Formal
2.      Mendefinisikan kebutuhan kualitas Pelanggan
a.       Dimensi kualitas produk
b.      Dimensi kualitas Jasa
3.      Menetapkan Metrik Kualitas
a.       Kualitas Produk Informasi
b.      Kualitas Jasa Informasi
4.    Mendefinisikan Strategi Kualitas SI
1.   Penerimaan dan pelatihan
2.   Pengembangan Sistem berorientasi pemakai
a.    Analisa Pasar
b.   Analisa Penerimaan Produk
c.    Analisa Tugas
d.   Pengujian Protitype
e.    Pengujian Sistem Operasional
5.    Menetapkan Program-program kualitas SI
a.       Penerapannya berbeda bagi tiap perusahaan
6.  Memantau kinerja Kualitas SI
a.       Memantau kinerja pada spesialis Informasi dan Unit SI

Daftar Pustaka














Comments